Kamis, 05 Mei 2011

noh alam shah

 Noh Alam Shah lahir di Singapura, 3 September 1980 adalah pemain sepak bola berkebangsaan Singapura yang saat ini bermain sebagai penyerang pada klub sepak bola Arema Indonesia, salah satu klub anggota Liga Super Indonesia. Ia dikenal sebagai penyerang yang memiliki kekuatan fisik, tidak kenal lelah, unggul dalam kecepatan, kuat dalam duel bola udara, dan striker oportunis dengan penyelesaian akhir yang sempurna. Ia mempunyai tiga orang anak dan memiliki darah Indonesia dari kakek ibunya yang berasal dari Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Ia pun dapat sedikit berbicara menggunakan bahasa Bawean.

Dalam wawancara dengan salah satu media lokal Singapura, The New Paper, pada tahun 2006, Alam Shah mengaku bahwa temperamennya terbentuk saat terlibat dalam sebuah anggota gengster ketika masih kecil. Alam Shah memiliki julukan "along" yang dalam bahasa China dan Melayu menjadi sebutan untuk "kakak" atau "pemimpin" dalam kelompok geng Cina

Kontoversi "Along" di Singapura:

Alam Shah memiliki temperamen dan emosional tinggi. Alam Shah pernah mendapat skorsing satu tahun dari Komisi Disiplin Asosiasi Sepak Bola Singapura karena insiden dengan sesama rekannya di Timnas Singapura, Daniel Bennett, di final Piala Singapura 2007. Insiden terjadi ketika lutut Alam Shah yang saat itu membela Tampines Rovers mengenai kepala Bennett yang membela SAFFC usai duel perebutan bola. Ketika berusaha dipisahkan, Alam Shah justru menendang kepala bek naturalisasi tersebut hingga terkapar dan dilarikan ke rumah sakit. Karena insiden itu ia dikenai skorsing satu tahun yang kemudian dipotong menjadi 7 bulan. Dalam masa skorsingnya, Alam Shah dipinjamkan ke klub Malaysia, PDRM FA, meski akhirnya Alam Shah tetap tidak boleh bermain karena aturan FIFA yang mengharuskan setiap klub menghormati aturan asosiasi sepak bola negara lain.

Gelar yang pernah diraihnya adalah:
* Juara Liga Singapura 2004 dan 2005 (Tampines Rovers)
* Juara ASEAN Football Championship 2005 dan 2007 (Timnas Singapura)
* Pemain Terbaik ASEAN Football Championship 2007
* Top skor ASEAN Football Championship 2007
* Alam Shah menduduki peringkat ke empat dalam World’s Top Goal Scorer of 2007 yang dirilis oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFHS).
* Juara Liga Super Indonesia 2009/2010 bersama Arema Indonesia
* Runner-up Piala Indonesia 2010 bersama Arema Indonesia

Karir Junior:
1997 : Sembawang Rangers

Karir Senior:
1998-2002 : Sembawang Rangers
2003-2007 : Tampines Rovers
2007-2008 : PDRM FA (Pinjaman)
2008-2009 : Tampines Rovers
2009-Sekarang : Arema Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar